Tutorial Membuat Web Proxy Menggunakan Mikrotik – Proxy Server atau Server proksi atau peladen proksi adalah sebuah perantara yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien mencari sumber daya dari server lain. Klien A terhubung ke server perantara, meminta beberapa layanan, seperti berkas, sambungan, laman, atau sumber daya lainnya, yang tersedia dari server yang berbeda dan juga proxy server dapat berguna untuk mengamankan jaringan pribadi yang di hubungkan ke jaringan publik.

 

Cara kerja dari proxy server ialah saat user mengakses sebuah situs maka browser akan mengirimkan HTTP request ke server yang akan di terima proxy terlebih dahulu. Selanjutnya HTTP request baru akan di buat dan di teruskan ke server yang kemudian server akan membalas kembali dengan HTTP response yang akan di terima proxy dan di teruskan ke browser.

 

Langkah – Langkah Membuat Web Proxy

Setelah kamu mengetahui penjelasan mengenai web proxy, mimin akan melanjutkan ke tutorial cara pembuatan web proxy menggunakan mikrotik, silahkan iktui tutorial di bawah ini.
 
  1. Silahkan masuk ke dalam winbox kemudian buka menu IP > Web Proxy.
  2. Selanjutnya pada tab proxy klik tab General dan centang Enable.
  3. Isi Port yang akan di gunakan di proxy, misalnya menggunakan port 8080.
  4. Untuk Chace Administator dapat di ganti dengan email sesuai prevensi selaku admin.
  5. Max Cache Size berfungsi untuk menentukan berapa besar alokasi memori penyimpanan chace proxy. Isilah sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.
  6. Kemudian centang opsi Chace On Disk supaya penyimpanan berada pada Disk Mikrotik bukan pada RAM nya.
  7. Jika sudah klik Apply > Ok.
  8. Setelah itu atur setingan pada bagian NAT untuk redirect (mengalihkan) traffic dari HTTP (destination port 80) ke port yang di gunakan 8080. Carannya ialah dengan melakukan konfigurasi Firewall NAT. Kamu dapat mengikuti contoh seperti di bawah ini.
  9. Pada bagian Tab Action isi kolom Action = redirect dan di kolom To Port. = 8080.
  10. Kamu telah berhasil memasang web proxy di mikrotik, selanjutnya ialah buka menu IP > Web Proxy pada winbox. Lalu klik tab Status dan klik Connections. Jika keduanya seperti pada gambar di bawha ini, tadanya transparant mikrotik telah berjalan.
  11. Kamu juga dapat melakukan pengecekan di internet browser. Cara nya dengan memasukan alamat yang tidak valid supaya terjadi pesan error. Jika terjadi error maka transparent mikrotik telah berjalan.
 
 
Demikian Tutoiral cara membuat web proxy dengan menggunakan mikrotik, selamat mencoba.
Share:

hidayat

"Jadilah dirimu sendiri. Orang tidak harus menyukaimu, dan kamu tidak perlu peduli...." (Marlin Hidayat Tanjung)

Leave a Reply

  • Its such as you learn my mind! You seem to understand a lot approximately this, such as
    you wrote the book in it or something. I think that you could do
    with some percent to drive the message house a little bit, however other than that, this is great
    blog. An excellent read. I’ll certainly be back.