Bandwidth: Pengertiandan Cara Kerja – Kamu pasti pernah mendengar istilah bandwidth? bandwidth merupakan singkatan dari kapasitas trnasfer maksimal dalam proses penukaran data pada jaringan internet.

Jika kamu telah mempelajarin jaringan istilah ini tidak asing lagi, dan sering sekali di gunakan pada web, hostingan, maupun server. Nah jika ingin mengenal istilah bandwidth kamu berada pada aritkel yang tepat, di artikel ini kita akan membahsa mengenai hal tersebut.

Apa yang di maksud bandwidth?

Bandwidth pada dasarnya ialah memindahkan sejumlah data dari satu titik ke titik lain dalam hitungan waktu yang telah di tentukan.   Pada jaringan internet bandwidth menampilkan kecepatan akses internet resourch (sumber daya) yang telah di akses pada jaringan tersebut.   Banyak yang beranggapan bahwa bandwidth merupakan kecepatan akses internet, namun lebih tepatnya ialah bandwidth meruapakan volume yang dapat di kirim pada jaringan tersebut.   Jadi dapat di ketahui bahwa bandwidth sebenarnya berfungsi untuk mngetahui kasitas transfer pada jaringa internet. Semakin besar bandwidth atau jaringan internet kamu, maka semakin banyak lalu litas data yang dapat di terima dan di kases dengan cepat.  

Apakah Fungsi Bandwidth itu?

Setalah kamu berhasil memahami fungsi dari bandwidth, tentunya kamu harus mengethui juga fungsi dari bandwidth tersebut.   Nah berikut merupakan penjelasan dari fungsi bandwidth terhadap jaringan internet.  

  1. Distribusi Kecepatan Trnsfer Data

Fungsi utama yang dapat kamu pahami dalam bandwidth ialah kecepatan transfer data pada sebuah jaringan. Fungsinya ialah untuk memastikan data tersebut tersebar secara merata.   Jika tidak terdapat pembagian data, maka bandwidth akan di alokasikan pada satu pengguna saja dan membatasi kouta pada pengguna lain.    

2. Media Pengirim Data

Jadi tanpa adanya bandwidth maka data tidak akan bisa di sebarkan, secara analogiya jika kamu ingin memabgi air secara merata pada penampungan maka kamu membutuhkan pipa untuk dapat menyebarkannya secaara merata.   Pada jaringan internet, semua penyebaran data ini di lakukan dengan menggunakan jaringan LAN.  

3. Sebagai Ukuran Data 

Bandwidth juga berfungsi untuk mengukur media dan pengiriman data pada komputer atau sistem jaringan internet.   Ukuran ini berfarias tergantung pada layanan penyedia, inilah yang akan menjadi patokan pengguna dalam memilih layanan tersebut.  

  4. Membatasi Volume Data Transfer

Selain daapt melakukan distribusi pada kecepatan transfer, badwidth juga dapat di fungsikan untuk membatasi volume transfer pada waktu tertentu.   Hal ini dapat di lakukan oleh penyedia hosting, server, maupun administator jaringan.

Share:

hidayat

"Jadilah dirimu sendiri. Orang tidak harus menyukaimu, dan kamu tidak perlu peduli...." (Marlin Hidayat Tanjung)

Leave a Reply