Untuk menjalankan baris perintah linux pada sistem operasi android, hal yang kamu butuhkan ialah terminal emulator untuk menggunakan perintah tersebut.

Tentu saja dengan menggunakan terminal emulator ini, kamu dapat menginstall berbagai program, menjalankan program, ataupun membuat satu buah program yang membutuhkan terminal untuk menjalankanya.

Terminal di fungsikan untuk menginput beberapa data pada sistem operasi, namun seiring perkembangan terminal tersebut fungsinya telah banyak di gunakan mulai dari pembuatan, pengeditan, ataupun menjalankan tools maupun program.

Berikut terminal emulator yang dapat berjalan di android

Termux

Aplikasi ini tentu tidak asing lagi bagi kamu, aplikasi yang hampir menyerupai CMD pada windows ini dapat kamu gunakan di smartphone android. Kamu dapt menjalankan berbagai tools yang sebelumnya kamu install, namun untuk mengakses penuh dari aplikasi ini, kamu harus melakukan rooting terhadap smartphone android.

Kamu hanya perlu menginstall beberapa paket dasarnya sebagai pendukung tambahan pada termuxnya. Selain itu kamu juga dapat menjalankan paket SSH, menambah beberapa fitur lainnya sepertit shel bash dan ZSH yang mendukung dengan nano ataupun vim. 

Selian itu aplikasi ini memiliki kapasitas yang sangat kecil, sehingga kamu dapat menjalankannya pada android yang memiliki kapasitas penyimpanan yang sedikit.

Bussy Box

Aplikasi terminal ke dua ialah bussy box, aplikasi yang dapat kamu gunakan di android untuk menjalankan perintah-perintah linux. Tidak seperti aplikasi terminal sebelumnya yakni termux yang dapat digunakan tanpa harus di root, untuk terminal bussy box kamu harus melakukan rooting terlebih dahulu. Kamu dapat  menggunakan king root ataupun aplikasi rooting lainnya yang telah tersedia di plystore.

Tentu saja kelebihan aplikasi ini ialah kamu dapat menjalankan utilitas GNU ataupun perintah UNIX sehingga membuat aplikasi ini tentunya sangat ideal untuk perangkat embedded.

Linux Depoly
Aplikasi terminal terkahir yang dapat kamu coba ialah Linux Depoly, tidak seperti pada aplikasi terminal sebelumnya yang menggunakan mode CLI (command line inteface) pada aplikasi ini kamu dapat menjalanakan linux tersebut secara destop, tentu saja ini menjadikan smartphone kamu dapat berfungsi sebagai destopnya linux.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus melakukan rooting pada smart phone, aplikasi ini juga mendukung multi bahasa. Selain itu kamu juga dapat menginstall beberapa distro linux di dalamnya, seperti Ubuntu, Debian, Black Arch, Kali Linux, dan beberapa distro linux lainnya.

Selama melakukan instalisasi program secar aotomatis akan menyesuaikan sesuai ruang lingkup. Kamu juga dapat mengatur VNC dan SSH.

Share:

hidayat

"Jadilah dirimu sendiri. Orang tidak harus menyukaimu, dan kamu tidak perlu peduli...." (Marlin Hidayat Tanjung)

Leave a Reply